Perbedaan realme Narzo 30 & Narzo 30 Pro

Perbedaan realme Narzo 30 & Narzo 30 Pro

Acrossfiveaprilsrock – Setelah meluncurkan kerajaan Narzo 30A di Indonesia, akhirnya perusahaan yang masih berada dalam bayang-bayang yang sama dengan OPPO dan Vivo meluncurkan anggota lain, kerajaan Narzo 30. Produk tersebut secara otomatis memuat antara Narzo 30A dan Narzo 30 Pro 5G.

Narzo 30A sendiri dianggap sebagai salah satu dari lebih dari sejuta ponsel dalam hal kinerja, karena Helio G85 berfungsi sebagai pintu gerbang dapur. Nah, sekarang saatnya untuk mengisi panggung dengan Narzo 30 Realme dan Narzo 30 Pro 5G Realme. Apa perbedaan antara keduanya? Jangan berhenti membaca untuk mengetahui jawabannya.

Satu menggunakan jaringan 5G, yang lain tidak. Kalau sudah jelas, bisa dilihat dari namanya. Untuk lebih memahami perbedaannya, lihat poin perbedaan berikut.

1. MediaTek Helio G95 vs. Dimensity 800U 5G

Realme Narzo 30 dan Narzo 30 Pro 5G, tidak mengherankan, menggunakan chipset yang berbeda. Ini wajar, karena Helio G95 Narzo 30 bukanlah chipset yang mendukung koneksi 5G. Untuk itu, perusahaan juga telah membekali Narzo 30 Pro 5G dengan chipset MediaTek Dimensity 800U 5G.

Meski memiliki chipset yang berbeda, nyatanya tidak ada peningkatan signifikan dari segi performa maupun game sehari-hari. Seperti yang ditunjukkan oleh perbandingan kinerja chipset yang dilaporkan oleh NanoReview, Dimensity 800U 5G hanya memiliki kinerja benchmark AnTuTu v8, yang 7% lebih baik dari Helio G95.

Sementara MediaTek Dimensity 800U 5G memiliki skor 323.515, Helio G95 hanya memiliki 301.940. Ini tentu bukan perbandingan untuk terlalu banyak berpikir karena keterampilan sehari-hari mereka kurang lebih sama. .

Hanya saja performa gaming akan sedikit meningkat pada Narzo Pro 5G. Beberapa kendala yang bisa dirasakan adalah beberapa game tidak memberikan pilihan grafis yang tinggi.

Hal ini dikarenakan era baru Dimensity 800U 5G, sehingga developer game membutuhkan waktu untuk mengupdate dan mengoptimalkan chipset tersebut.

Sebagai informasi latar belakang, Dimensity 800U 5G (7nm) sendiri memiliki konfigurasi prosesor delapan inti yang terdiri dari 2 inti ARM Cortex A76 (clock 2,4 GHz) dan enam ARM Cortex A55 (hingga kecepatan clock 2,0 GHz).

Sedangkan untuk MediaTek Helio G95 (12nm), memiliki dua inti ARM Cortex A76 (2,05 GHz) dan enam inti ARM Cortex A55 (2,0 GHz). Singkatnya, Dimensity 800U 5G memiliki clock speed 17% lebih cepat dibandingkan Helio G95, yaitu antara 2,4 GHz dan 2,05 GHz.

2. Perbarui opsi frekuensi

Untuk ukuran layar, keduanya menawarkan panel IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi 1080p, yang juga dikenal sebagai Full HD Plus. Namun ada peningkatan kecerahan layar dimana Narzo 30 Pro 5G memiliki kecerahan puncak 600 nits sedangkan realme Narzo 30 memiliki 580 nits.

Perbedaan lain dalam hal tampilan adalah opsi refresh rate yang tinggi. Tidak hanya menampilkan kecepatan refresh 60Hz, tetapi kedua ponsel memiliki tampilan yang lebih halus saat menggulir media sosial atau menjelajah.

realme narzo 30 memiliki opsi kecepatan refresh 90Hz yang 50% lebih tinggi dari 60Hz konvensional, sedangkan realme Narzo 30 Pro 5G memiliki opsi kecepatan refresh 120Hz.

3. Resolusi kamera

Tidak ada perbedaan yang mengejutkan dari segi kamera, Narzo 30 dan Narzo 30 Pro 5G memiliki tiga kamera di belakangnya. Namun, keduanya memiliki sedikit perbedaan pada resolusi kamera.

Sebagai lensa utama, keduanya disuguhkan kamera dengan resolusi 48 MP dengan panjang fokus 26 mm dan aperture f/1.8. Perbedaannya ada pada kamera kedua, dimana Narzo 30 memiliki lensa makro 2 MP sedangkan Narzo 30 Pro 5G menggunakan kamera 8 MP sebagai sensor ultra-wide-nya.

Tentu saja, sebagian besar masyarakat akan lebih cenderung memilih perangkat 5G dengan sensor ultra lebar. Lensa ini bekerja sedemikian rupa sehingga pengguna dapat memperbesar 0,5 sehingga dapat memuat lebih banyak area dalam satu bidikan.

Sementara itu, kamera makro berfungsi untuk memotret objek kecil (seperti serangga dan tumbuhan) sehingga tampak jauh lebih besar dalam gambar. Namun, fungsi makro dapat didukung oleh lensa ultra lebar.

4. Ketersediaan NFC

Apakah Anda salah satu orang yang membutuhkan fungsi NFC untuk kehidupan sehari-hari? Ini hanya menggunakan realme Narzo 30. Ya, meskipun perangkat ini bukan varian yang membawa 5G, tampaknya yang memiliki fungsi NFC.

NFC yang merupakan singkatan dari Near Field Communication berfungsi agar dua perangkat dengan NFC dapat bertukar data/file dalam waktu singkat, tanpa harus melalui proses pairing seperti Bluetooth.

Fitur NFC ini juga bisa bermacam-macam, seperti pengisian saldo kartu eMoney cukup dengan menempelkan kartu ke badan, serta sebagai pengganti kartu apartemen. Narzo 30 Pro 5G tidak menawarkan fungsi ini.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

Anda mungkin juga suka...